Sabtu, 04 Agustus 2012

Pengertian & Dasar-dasar HTML


 




1. Pengertian HTML


HTML
yang sering sisebut juga Hypertext markup language merupakan salah satu format atau kode yang digunakan untuk pembuatan aplikasi atau document yang berada di halaman web. Sebelum membelajari HTML anda harus mengetahui basic HTML ,yang terdiri dari:


  1. Hypertext
  2. Tags dan elements
  3. Text formatting
  4. Lists, hyperlinks, images
  5. Table, frames
  6. Cascanding style sheets

2. Dasar-Dasar HTML

HTTP
(hypertext transfer protocol) merupakan protokol yang digunakan untuk mentransfer data antara web server ke web browser. Protokol ini mentransfer data-data web yang ditulis atau berformat HTML.

Dikatakan markup language karena HTML berfungsi untuk memformat file dokumen teks biasa untuk bisa ditampilkan pada web browser sesuai keinginan. Hal tersebut dapat dilakukan dengan menambah elemen atau sering disebut sebagai tagtag.


Elemen HTML biasanya berupa tag-tag yang berpasangan dan setiap tag ditandai dengan simbol ` <` dan ` >` tanpa tanda kutip . Pasangan dari sebuah tag ditandai dengan tanda `/ ` dan ini menunjukan penutupan suatu tag .

Misalnya pasangan dari tag < contoh > adalah </ contoh > . Dalam hal ini < contoh >disebut sebagai elemen dan biasanya dalam suatu elemen terdapat atribut-atribut untuk mengatur elemen itu. Jadi misalnya elemen < contoh > bila ditulis dengan

Atributnya adalah sebagai berikut : < contoh atribut1=”nilai_atribut1”atribut2=”nilai_atribut2” …> . Dalam penulisan tag HTML tidaklah case sensitive artinya penggunaan huruf kecil ataupun kapital tidaklah menjadi masalah.



Isi HTML
:

<html>

<head>

<title> isi dengan tema anda </title>

</head>

<body>isi dengan sesuka hatimu boleh gambar, vidio, foto dan script2

</body>

</html>

Gimana mudah bukan? Yoi Yoi,... :D
Terima kasih tlah berkung di blog ITC,... :)

0 komentar:

Posting Komentar